Choose Your Language

26 September 2011

Beli game asli(original) PC secara online dengan harga murah (discount) / GRATIS



Dulu ane sering beli game-game terbaru di Mangga Dua Glodok dan Mangga Dua Mall/Dusit. Memang hobby ane main games dari SMP (mungkin sejak tahun 90-an) .. apalagi game-game yang terbaru ... mantab banget .. grafisnya oke ... ceritanya juga oke ... harganya murah juga lagi. Pokoknya TOP banget deh kalo beli disana dibandingin beli di tempat-tempat lain.

Tapi itu sebelum ane denger cerita dari Ustadz Taufik Nuh Albanna di mesjid deket rumah, ceramah Ramadhan 1432 H lebih tepatnya. Begini ceritanya, suatu ketika ada seorang murid seorang ulama yang terkenal sebutlah nama murid tersebut si Fulan. Pada suatu hari kyai terkenal tersebut meninggal dunia. Malam harinya si murid tersebut mimpi bertemu dengan gurunya. Dia bermimpi melihat gurunya digiring untuk masuk ke surga. Sebelum masuk ke pintu surga, si guru tersebut disuruh menunggu bersandar di sebuah tiang. Si murid bertanya sambil merasa sedih dan menangis apa gerangan yang menyebabkan engkau guru tidak masuk ke surga padahal engkau adalah orang yang terkenal kesalehannya dan ibadahnya yang tak terputus. Gurunya terdiam dan akhirnya bercerita. Pada suatu hari ketika dia diundang ke suatu acara, ia memakan daging yang agak keras. Ia sudah mencoba berbagai cara untuk mencungkil daging tersebut namun gagal. Kemudian ia pulang sambil memikirkan solusi masalah tersebut. Di tengah jalan ia melihat sebuah rumah yang pagarnya terbuat dari bambu, kemudian ia menukil/mencungkil sedikit bambu tersebut untuk mengeluarkan daging yang sangat menganggu tersebut dari giginya. Apa hubungannya secuil bambu dengan tertunda masuk surga ? Ternyata barang (secuil bambu) yang dianggap tidak penting itu bila tidak mendapatkan ridho (kerelaan) dari sang pemiliknya menyebabkan ulama tersebut tertunda masuk ke surga karena masih adanya masalah yang belum terselesaikan tersebut.

Ane terus terang udah beli banyak game-game illegal di Mangga Dua ( kan ngga tahu ya :( ). Mau gimana lagi ane coba ingat-ingat game yang pernah ane mainkan walaupun dijamin tidak ingat semuanya karena saking banyaknya game yang pernah ane mainkan. Bukannya ane merasa sok suci ya, tapi ane pernah ngerasain sendiri pas ane umroh ke Mekkah/Madinah kalau dosa yang kita buat disana memang langsung dibayar tunai (dibalas). Ane takut di akherat mau bayar pakai apa ... amalan pahala ngga banyak .. yang ada dosa segunung. Oke deh langsung aja ya kita bahas website-website yang menjual PC game secara legal :

1. Steam

    Merupakan situs penjual game PC digital paling populer yang dimiliki oleh Valve Corporation. Didukung oleh Publisher games terkenal seperti Bethesda Softworks, Electronic Arts, Activision, Rockstar Games, Square Enix, 2K Games, and Telltale Games. Seringkali menawarkan diskon mulai dari 10% sampai dengan 90% misal game Alpha Protocol  (SEGA) yang seharga $19.99, tanggal release 01 Juni 2010 dijual cuma dengan harga $2.00 (atau sekitar 18 ribu rupiah). Murah sekali bukan untuk sebuah game yang masih lumayan baru. Tapi terkadang Steam mengenakan regional pricing (harga untuk pembeli di Amerika berbeda   dengan pembeli dari luar Amerika), tidak semua games hanya sebagian kecil saja.  

2. Direct2Drive sekarang menjadi Gamefly
     
    Sama seperti saingannya Steam, situs penjual game yang memiliki 3000 judul game ini juga menjual game PC digital dengan harga bersaing (diskon). Saham perusahaan ini dimiliki oleh Gamefly (IGN Entertainment Group)

    
   Situs penjual game berbasis online ini berpusat di Swedia. Menjual games PC digital dengan koleksi lebih dari 3000 games. Sama hal-nya dengan Steam dan Direct2Drive, situs ini juga mendukung games untuk platform Macintosh. Baca kekurangan download game di website ini di bagian bawah (Note) artikel ane.
4. GOG (Good Old Games)
    Situs ini sesuai dengan namanya menjual game-game PC lama/classic. Mempunyai koleksi lebih dari 307 judul games. Situs ini dimiliki oleh perusahaan dari Polandia yang bernama CD Projekt.
   Perusahaan yang berbasis di Seattle, Washington ini memproduksi 12 sampai 15 game per tahun. Mempunyai lebih dari 2500 koleksi games, dengan jumlah download mencapai 1,500,000 download per hari. Game-game yang dijual biasanya dapat dimainkan secara bebas (free) sampai batas waktu tertentu (shareware), untuk memilikinya secara penuh maka kita harus membelinya.

6. Amazon.

    Perusahaan yang terkenal di seluruh ini juga menyediakan game yang dapat dibeli dan unduh (download) secara digital. Akan tetapi kita tidak dapat membelinya karena kartu kredit kita tidak akan diterima bila kita membeli di Amazon, karena pembelian hanya diperuntukkan untuk orang yang tinggal di Amerika (US Residents Only)

"I'm sorry for any inconvenience this may cause. However, because of import/export restrictions, games and software downloads purchased from Amazon.com are only available to U.S. customers."

Untuk mensiasatinya, anda dapat meregister account Amazon dengan alamat + no telp. Amerika palsu. 

Untuk mengetahui adanya promo-promo/deal khusus kita dapat mengetahuinya dengan cara mendatangi website-website tersebut satu persatu atau dengan melihatnya di website ini http://digitalgamedeals.com/.
Website ini akan memberitahukan promo-promo/deal yang paling update setiap hari pada website berikut Steam, Direct2drive, Gog, Gamersgate, Impulse, Amazon, EA Origin Store, GMG dan lain-lain. Atau browsing ke website http://www.steamgamesales.com untuk melihat diskon-diskon game yang dapat di-sort / urut berdasarkan besaran diskon, harga, penjual dan tanggal. 

Ada baiknya sebelum kita membeli game-game yang menarik tersebut, kita melihat review dari game-game tersebut di 2 situs berikut :

2 .pc.ign.com

Dari kedua website ini kita dapat melihat kelebihan serta kekurangan dari game tersebut, screenshot (cuplikan gambar dan video), dan rating dari game tersebut untuk bahan pertimbangan dalam membeli game.

Penting diketahui untuk dapat membeli game-game PC digital tersebut secara online kita harus mendaftarkan data pribadi kita agar kita mendapatkan user name dan password untuk login ke website tersebut. Setelah login kita dapat memilih game yang kita inginkan, ketika selesai memilih dan akan keluar(checkout) akan ditanyakan metode apa yang kita inginkan untuk membayar game tersebut, biasanya yang ditanyakan adalah account kartu kredit Mastercard/Visa atau account Paypal kita.

Untuk mendapatkan game secara gratis kita dapat memperolehnya jika kita mempunyai account di Steam, cukup daftar menjadi anggota website http://www.steamgifts.com/ dan mengikuti undian bagi-bagi game gratis. Jika beruntung anda dapat memperoleh game yang berharga mahal, yang diberikan oleh anggota website tersebut


Game yang telah kita beli dapat kita download kapan saja kita mau dan berapapun kali kita mau. Mungkin untuk kita agak sulit untuk mendownload game-game dengan ukuran besar (bergiga-giga) tersebut dengan koneksi yang lambat akan tetapi website-website tersebut biasanya menyediakan download manager yang bisa gunakan untuk meneruskan download apabila download kita terputus.

Kadang kita akan menemui file yang bermasalah pada game kita walaupun ketika mendownload kita tidak menemui masalah sedikitpun. Biasanya hal ini diakibatkan pada file exe yang rusak. Apabila hal itu terjadi maka kita dapat mencoba untuk mendownload patch/update game tersebut pada situs game pembuatnya (publisher) atau bila tidak ketemu juga mungkin ada di situs ini gamecopyworld.com atau situs www.gameburnworld.com 

Note : Khusus untuk game yang dibeli di Gamersgate, kita dapat mendownload game di kantor misalnya akan tetapi kita tidak dapat memasangnya (install) di PC rumah kalau kita tidak mempunyai koneksi internet. Karena agar file Setup.exe dapat berjalan sebagaimana mestinya kita harus login dulu ke gamersgate dengan username dan password kita (melalui file download game awal kita misal Download Spellforce 2 Gold.exe).

Bila kita cuma mengcopy file instalasi temporer dari internet dan menjalankannya langsung misal autorun_en.exe maka akan keluar pesan error "Please go to control panel to install and configure system components"

Ups ... hampir lupa .. kalau kita menemukan kesulitan dalam memainkan game, ane biasanya berkunjung kesini nih guides.gamepressure.com atau www.gamefaqs.com untuk download game petunjuk, walkthroughs, solusi, peta, code dan game FAQ (Frequently Asked Questions / pertanyaan-2 yang sering ditanyakan mengenai game tersebut)

My Game List :

Company of Heroes  $2.49
King's Bounty: Collection $6.99
Sid Meier's Civilization III: Complete $4.99
Need for Speed Undercover $2.49
Altered Beast $0.74
Golden Axe $0.74
Virtua Fighter II $0.74
Titan Quest Gold $5.00
Heroes of Might and Magic V $4.99
Max Payne Bundle $3.74 USD
Overlord $1.24
Farm Frenzy 2 $2.49
Sniper Elite $2.49
Grand Theft Auto: Vice City 2.49 USD
King Arthur - The Role Playing Wargame Free from IGN
Dead Space $ 7.49
Mass Effect $5.00
Fallout 3 $4.99
Prince of Persia: Warrior Within $2.49
Star Wars Battlefront® II  $2.49
Disciples III - Renaissance Steam Special Edition $4.99 USD
Empire and Napoleon Total War™ +DLC - Game of the Year Edition 7.49
Multiwinia Free December Holiday Sales
Wings of Prey Free December Holiday Sales
Dungeons Defenders Free Gift from a friend at DigitalGameDeals
Airline Tycoon Deluxe $3.98
Mass Effect 2 $4.99
Call of Duty: Modern Warfare 2 $4.99
The Witcher: Enhanced Edition Director's Cut     $3.99
Tropico Reload $2,50 (Tropico I and Tropico II)
(Bundle All X-Com: UFO Defense,Terror From the Deep,Apocalypse,Interceptor,Enforcer) $3,34          
Zuma Deluxe $1.99
Ufo Aftermath $1.80
Master of Orion 1 + 2 $3.59
Commandos Ammo Pack (Commandos: Behind Enemy Lines + Commandos: Beyond The Call Of Duty) $2.99
Empire Earth Gold Edition (Empire Earth + The Art of Conquest) Free December holiday gift
Wing Commander™ 3 Heart of the Tiger™ $2.99
Star Control 3 $2.99
RollerCoaster Tycoon: Deluxe $2.99
Spellforce Universe (Spellforce 2 GOLD + Spellforce Platinum) $4.98
Aliens Versus Predator Classic 2000 $ 2.00
Unreal Tournament Game of The Year Edition $3.98
Pride Of Nations $1.70
World in Conflict Complete (Original + Soviet Assault) 3.00 Poundsterling
Total War : Shogun 2 $5.09
Medieval 2 Total War Gold (Medieval II: Total War + Medieval II: Total War Kingdoms) $3.74
Assassins Creed $3.74
Jagged Alliance 2 Gold (Jagged Alliance 2: Unfinished Business) $3.00
Space Rangers 2: Reboot $2.49
Castles Pack $2.99
Warhammer 40,000 Dawn of War: Gold Edition $4.99
Plants vs. Zombies $0.99
Nightfall Mysteries Asylum Conspiracy Free (Big Fish Fan Hit 100k in Facebook)
Angry Birds $0.99
Angry Birds Rio Free
Chicken Invaders 4 Xmas Free
Call of Juarez 2: Bound in Blood $4.99
Tom Clancy's Splinter Cell Chaos Theory Free (Ubisoft DRM-Free Games: Buy One, Get One)
Cities in Motion Free from survey, info DigitalGameDeals.com
Fallout, free from Gog, info DigitalGameDeals.com
Nexuiz Free Gift from a friend at DigitalGameDeals
Wolfenstein 3D $1.24 Steam
Treasure Adventure Game Free, info from DGD
Awakening: The Dreamless Castle (Free info from DGD)
Square Enix Ultimate Collection (Lara Croft and the Guardian of Light,Supreme Commander 2,Just Cause 2,Kane and Lynch 2, Tomb Raider: Underworld) $7.49 Amazon
Civilization IV Complete $ 7.49 (Civilization IV, Beyond The Sword, Warlord, Colonization) Amazon
Humble Indie Bundle V Steam keys $1 (Amnesia Dark Descent, Limbo, Psychonauts, Superbrothers:Sword and Sworcery)
Far Cry 2 $2.5
World of Ultima 1 and 2 (Free from GOG), info DigitalGameDeals.com
Commandos 3: Destination Berlin, Free from GMG,  info DigitalGameDeals.com
Kohan Warchest (Immortal Sovereign, Ahriman's Gift, Kohan 2 : Kings of War) $6.79
Dragon Age 2 (Origin) $4.99
Battlefield Bad Company 2 $4.99
Command & Conquer : Red Alert 3 $7.49

4 comments:

Anonymous said...

untung saya ngg suka main game d komputer...suka nya baca al-qur'an....guubraak

Indra Permata Dinda said...

Wew ... ane suka baca Qur'an jg dan main game jg gan

Anonymous said...

Gan.. numpang nanya nih.. kalo beli game di Steam itu apa nanti kita di beri package gamenya buat install komputer mana saja, atau khusus di satu komputer saja yg kita pakai untuk mendownload gamenya?

Indra Permata Dinda said...

Kalo ane biasa download malem2 di kantor gan (ketahuan deh :P) trus dibawa ke rumah ye gan ... nanti dirumah kan install steam jg ... ane copy aja folder game yg dikantor tadi D:\Games\steam\steamapps\common\dead space trus copy ke folder steam misal C:\Games\steam\steamapps\common\dead space. Nanti tinggal pilih install (maksudnya file yg di pc kita dicocokin ada update terbarunya di server steam). Intinya kalo ada internet di rumah mah enak aja gan. Kejawab kan ya pertanyaannya jadi ngga cuma di 1 komputer aja kok, bisa dimana aja asal konek ke steam. Soalnya gamenya kan di protect (DRM) file exe-nya. Tanpa konek ke steam (jalanin lewat aplikasi/program) itu game ngga akan bisa dimaenin.

Software
Billigt Flyg London